Monday 23 November 2015

CARA ALAMI KELUARKAN DAHAK BALITA


Setiap bunda kadang bingung melihat anak batuk berdahak mereka terlihat tersiksa dengan batuk yang dialami.  nsmun anak-anak memang tidak seperti orang dewasa yang bisa mengeluarkan dahak sendiri. Dahak yang tidak keluar itulah yang  membuat anak batuk dan sesak nafas.berbagai cara biasanya ibu coba untuk mengeluarkan dahak. bahkan sampai rela menyedot dengan mulutnya sendiri. tapi tahukah ibu?

ternyata ada cara mudah dan murah untuk mengeluarkan dahak pada anak. Berikut ini kami berikan tips alami bagaimana caranya mengeluarkan dahak pada Balita dan semoga bisa menjadi solusi bagi kebingungan Bunda mengobati batuk berdahak anak.


                                    baca juga:
  1. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom bersih, lalu tuangkan air panas mendidih ke dalam baskom berisi minyak tadi (gambar 1). Untuk perbandingan antara air panas yang dituangkan dengan minyak kayu putih dapat dikira-kira sendiri. Usahakan air panas yang ditambahkan tidak terlalu banyak, sehingga aroma kayu putih dapat keluar.
  2. Uapkan wajah si kecil dalam keadaan tengkurap (gambar 2) Hal ini bertujuan agar Balita dapat menghirup uap dari minyak kayu putih yang ditambahkan air panas.
  3. Tepuk-Tepuk punggung Sisi Kiri dan Kanan Balita, guna Teknik Cupping (gambar 3) Jangan tepuk di tengah-tengah punggung Balita Anda. Kenapa kiri dan kanan punggung saja tidak menepuk di tengah punggung? Karena bila kita tepuk kiri dan kanan punggung anak, kita menepuk area paru-paru anak, dan di tengah punggung itu tulang rusuk syaraf pusat. Tepuk secukupnya jangan terlalu keras. Saat inilah si kecil akan meronta-ronta minta dilepaskan. Dia akan menjerit atau menangis. Saat seperti ini memang terkadang membuat orang tua tidak tega. Tapi ini cara yang aman alami dan untuk kesehatan buah hati kita.
  4. Setelah 5 – 10menit, akan keluar lendir dahak dari hidung si kecil (gambar 4) Lendir dahak akan keluar sampai berbalon-balon dari hidung Baita. Itulah hasil dahak yang dikeluarkan dari hidung. Setelah itu bersihkan dengan tisu dahak yang keluar tersebut. Kemudian oleskan minyak kayu putih dan bawang putih di tapak kaki serta punggung Balita Anda. Setelah itu pernapasannya pun akan mulai sedikit lega dan tersenyum serta akan nyenyak tertidur 
  5. uap air panas ini juga dapat diletakkan kedalam ruangan kamar agar udara kamar menjadi lembab dan uap minyak kayu putih dapat melegakan pernafasaan anak ketika anak tidur. selamat mencoba bunda..

demikianlah trik dan tips bagaimana mengeluarkan dahak pada balita secara alamai. jangan lupa share bila anda merasa ini juga berguna bagi orang lain ya.

catatan : pastikan batuk pada anak adalah jenis batuk berdahak

No comments:

Post a Comment