Saturday 21 November 2015

5 Kebiasaan Orangtua yang baik Ketika Anak Tidur dan Bangun Tidur



anak adalah segalanya bagi seorang ibu maupun bapak. apapun yang terjadi pada anak sangat mereka perhatikan dengan seksama. apakah itu fisiknya, prilakunya, perasaannya dan bahkan kebiasaannya. semua itu untuk memastikan anak bertumbuh kembangb dengan baik. 
salah satu hal yang menjadi perhatian adalah mood anak kita. dalam keseharian terkadang anak rewel, senang, lesu, giat dan lain lainnya. tapi tahukah anda? ternyata mood anak bisa di usahakan baik sepanjang hari. di ambil dari sebuah halaman FB yang konsen pada masalah anak, berikut tips bagi orang tua untuk membangun mood yang baik pada anak : 

Dear Bunda,
Seorang anak sepanjang hari sangat rewel dan selalu saja menangis bisa jadi hal ini karena kondisi emosinya yang tercipta saat dia bangun tidur dan saat hendak tidur di malam hari.
Ada efek psikologis yang akhirnya membuat anak sepanjang hari selalu meminta perhatian kita. Apakah kita kurang memberikannya perhatian? Bisa saja. Apa pun bisa, karena ini penilaian anak terhadap orangtuanya. Kita merasa cukup memberikan perhatian, tetapi ternyata yang dibutuhkan anak berbeda.

Lalu bagaimana caranya membangun mood positif anak sepanjang hari? Lakukan 5 hal ini sedari ia bangun tidur hingga tidur lagi.
  •  Mengucapkan salam
Ucapkan, "Selamat pagi atau selamat malam, anak mama sayang." Atau bagi yang muslim, bisa juga menyebut, "Assalamu'alaikum, putri kecil bunda."
Ucapkanlah salam sambil menatapnya dan lemparkan senyum di bibir yang menandakan kita perhatian padanya. Pertama kali mendengar suara kita memanggilnya, anak akan lebih ceria dan merasa bersemangat.
  • Panggilan khusus
Memanggil nama anak kita dengan panggilan sayang, atau panggilan khusus yang biasa kita ucapkan. Panggilan khusus biasanya digabungkan dengan mengucapkan salam saat anak hendak tidur dan bangun tidur.
  • Memeluk
Berikan pelukan saat anak baru bangun tidur dan saat ia hendak tidur lagi. Peluklah anak selama mungkin karena saat berpelukan, Bunda mentransfer emosi positif kepada anak sehingga anak akan merasa aman. Begitu pula saat dia aktif sepanjang hari, jangan segan untuk memberikannya pelukan sebanyak mungkin.
  • Mencium
Selain memeluk, ciuman di kening dan pipi juga wajib bagi seorang Bunda saat anak terbangun di pagi hari dan saat anak hendak pergi tidur di malam hari. Ciuman adalah wujud cinta kasih Bunda kepada anaknya karena dalam ciuman biasanya ada doa dan harapan yang ibu ucapkan dalam hati.
  • Berdoa
Saat bangun tidur, ajaklah anak untuk berdoa dan mengucapkan syukur karena masih bisa menghirup udara segar di pagi hari. Begitu pula saat anak hendak tidur, ajaklah mereka berdoa agar dapat nyenyak tidur di malam hari dan terhindari dari mimpi buruk. Bagi yang muslim, Bunda bisa mulai membiasakan mengajak anak untuk berdoa bersama doa sebelum dan sesudah tidur.

Bunda, lakukan 5 hal ini saat anak bangun tidur di pagi hari dan hendak pergi tidur lagi di malam hari. Anak akan merasakan aura yang positif sejak ia menutup mata dan saat ia membuka mata. Ia akan tahu, bahwa kita ibunya selalu ada untuknya. Selalu menemaninya dan berdoa untuk dirinya.

No comments:

Post a Comment