Wednesday 18 November 2015

mengatasi disleksia anak kita


Memiliki anak atau murid yang mengidap disleksia learning atau gangguan dalam membaca memang mengkhawatirkan. Setelah saya sharing artikel mengenai mengenal disleksia learnig, ciri-cirinya dan jenis-jenisnya, kini saya ingin berbagi tips apa saja yang dapat kita lakukan pada anak pengidap disleksia learning tersebut. Tujuannya adalah untukmengatasi disleksia anak kita sehingga bisa belajar membaca dengan baik.

dapat anda lakukan kepada anak pengidap disleksia learning adalah sebagai berikut :
  • 1.       Memahami keadaan anak.
Sebagai orang tua kita tentu memang harus memahami semua anak. Namun pada anak dengan disleksia kita harus ekstra dalam memahami mereka. Yang terpenting jangan membandingkan mereka dengan anak-anak lainnya. Selain anak dapat mengalami stress, kemungkinan orangtua pun bisa mengalami strees pula. Lalu jangan langsung membebani mereka dengan tugas yang berat. Mulailah dengan yang ringan, seperti menulis atau membaca yang singkat singkat terlebih dahulu.
  • 2.       Menulis memakai media lain.
Anak dengan disleksia tidak berarti kurang pandai. Biasanya mereka hanya tidak bisa menulis dengan media yang biasa. Anda bisa gunakan media lain yang tidak biasa seperti notebook, computer, mesin ketik, tanah dan lain sebagainya.
  • 3.       Membangun rasa percaya diri pada anak.
Pantang sekali-kali kita menyempelekan anak dengan kesulitan belajar semacam ini. Hal ini bisa membuat mereka merasa tak berguna dan rendah diri. Sebisa mungkin anada memberi pujian yang wajar atas usaha atau prestasi mereka. Sekecil apapun usaha dan prestasi mereka. Hal ini akan membangun rasa percaya diri mereka. Sehingga memicu semangat belajarnya.
  • 4.       Melatih anak untuterus menulis dan menulis.
Berilah anak dengan disleksia learning latihan yang rutin dan berkala. Dimulai dengan tingkat kesulitan yang rendah, sedang sampai suatu saat mampu mengerjakan yang sulit. Anda juga harus pandai berinovasi agar merekatidak jenuh dalam belajar. Bisa dengan memberi gambar-gambar atau warna warni pada tugasnya.
  • 5.       Rangsang otak anak untuk membaca.
Otak anak perlu dirangsang agar ia dekat dan senang dengan kegiatan membaca. Bila ia menyukai maka akan lebih mudah menuntun mereka. Hal-hal yang bisa dilakukan guna merangsang anak antara lain : bacakan dongeng pada saat sebelum tidur atau waktu senggang, mengajak ke took buku, ajari membaca walau perlahan, dan ciptaka suasana yang menyenangkan saat belajar.

Demikianlah beberapa tips yang perlu anda lakukan bila menghadapi anak dengan disleksia learning atau kesulitan membaca.

                            baca juga :

No comments:

Post a Comment