Wednesday 18 November 2015

jenis-jenis disleksia anak





Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan apa itu dysleksia learning atau kesulitan membaca pada anak, lalu ciri-ciri anak yang mengidap dysleksia learning. Nah stelah kita mengetahui apa itu dysleksia learning dan juga mengetahui ciri-cirinya. Mari kita mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis disleksia learning itu sendiri.
 
Disleksia dibagi kedalam tiga klasifikasi yaitu :
1.       Disleksia diseidetis atau visual
2.       Disleksia verbal atau lingusitik.
3.       Disleksia auditories.
Apa saja pengertian ketiga jenis-jenis disleksia tersebut? Mari kita bahas satu persatu.
1.       Dislkesia diseidetis atau visual. Disleksia jenis ini terjadi karena adanya gangguan pada otak daerah belakang. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada persepsi visual dan memori visual anak. Sebagai contoh yang biasa terjadi adalah : anak kesulitan membaca atau menulis huruf yang yang bentuknya hamper sama satu dan yang lainnya. Missal : ‘m’ dan ‘w’, ‘u’ dan ‘n’. dan sebagainya.
2.       Disleksia verbal atau lingusitik. Tandanya adalah kesukaran dalam diskriminasi atau persepsi auditoris. Sehingga anak sulit dalam mengeja dan menemukan kata atau kalimat.
3.       Disleksia auditoris. Bisa terjadi karena anak mengalami gangguan dalam koneksi visual-auditif nya. Akibatnya membaca menjadi terganggu atau lambat.yang perlu dicatat : dalam hal ini verbal dan persepsi visual anak tersebut baik. Contoh bentuk-bentuknya :
·         Menambahkan huruf dalam suku kata, missal : batu menjadi baltu, buku menjadu bulku, dsb
·         Menghilangkan huruf dalam suku kata. Missal : baskim menjadi bakom, kamar menjadi kama, dan sebaginya.
·         Membalikkan bentuk hurf dan angka. Missal : duduk menjadi bubuk, lupa menjadi palu.
·         Mengganti huruf dan angka, missal : mana menjadi mama, lupa menjadi luga, 3 menjadi 8, dan sebagaimya.

Demkianlah jenis-jenis disleksia learning pada anak-anak. 
Lalu yang menjadi pertanyaan banyak orang tua dengan anak pengidap disleksia adalah apa yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anaknya?. Untuk menjawabnya silahkan menyimak artikel hal yang perlu dilakukankepada anak disleksia.

No comments:

Post a Comment