Saturday 21 November 2015

Jenis-jenis vaksinasi dam manfaatnya (bagian 4)


Setelah kita bahas beberapa jenis dan manfaat dari vaksinasi di 3 artikel sebelumnya, yaitu :



Sekarang mari kita bahas jenis dan mafaat imunisasi sisanya di artikel ini.

  • Vaksin rotavirus
Rotavirus merupakan virus yang menyerang permukaan saluran cerna. Infeksi virus tersebut menyebabkan demam, muntah berulang, dan diare pada anak. Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan IDAI, imunisasi rotavirus diberikan sejak anak menginjak usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Pemberian dosis pertama vaksin rotavirus dilakukan paling lambat pada usia 14 minggu 6 hari. Pemberian vaksinasi rotavirus diberikan dengan cara tetes pada
mulut dengan dosis 2 ml.

  • Vaksin thypoid
Penyakit thypoid atau familiar disebut tipus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella thyphi. Penyakit ini ditandai dengan gejala demam lebih dari  hari, nyeri perut, sembelit, atau diare. Penyakit ini bisa membuat usus berlubang dan syok. Vaksin thypoid diberikan kepada anak sejak ia menginjak usia 2 tahun. Lalu diulang setiap 3 tahun dengan diberi suntikan. Dosis vaksinasi ini sebanyak 0,5 ml dnegan cara disuntikan intramoscullar.

  • Vaksin HPV (human papilloma virus)
Human papilona virus (HPV) adalah virus yang menyerang lapisan kulit, di daerah kemaluan dan dinding leher Rahim. Ada 100 lebih jenis virus papilloma dan diantaranya menyebabkan kutil. Kutiltersebut muncul didaerah kemaluan dan dubur serta virus yang menyebabkan kanker serviks.
Virus ini ditularkan melalui kontak dengan alat kelamin antara satu orang dengan yang lainnya. Cara menghindari HPV adalah dengan menghindari hubungan seksual dengan banyak pasangan. Serta tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Jenis virus yang menyebabkan kanker serviks adalah HPV tipe 6 dan tipe 11.
Vaksin HPV di Indonesia direkomendasikan untuk anak usia 9 sampai 15 tahun (yang belum menikah) dan usia 16 sampai 26 tahun. Ada jenis vaksin yang bivalen, yaitu jenis vaksin yang berisi HPV tipe 16 dan tipe 18. Selain itu terdapat juga vaksin yang kuadrivalen, berisi 4 tipe, yaitu hpv tipe 16, tipe 18, tipe 6 dan tipe 11. Vaksin ini deberikan dengan dosis 3 kali sebanyak 0,5 ml. vaksin ini diberikan dengan cara suntik intramoscullar.

No comments:

Post a Comment