Friday 27 November 2015

sentuhan yang di butuhkan anak


anak adalah harta yang tak ternilai. baginya kita rela memberikan apa saja asal demi kebaikannya. mulai memastikan makanan dan minumannya sehat dan bergizi, kesehatannya selalu terjaga, keinginannya akan mainan terpenuhi, pendidikannya di dapat dari yang terbaik, dan sebagainya. namun terkadang orang tua tidak sadar bahwa hal kecil tergadang justru sangat berarti baginya. hal kecil yang dewasa ini sering di lewatkan orang tua adalah sentuhan. banyak orang tua fokus mencari nafkah demi kepentingan anak namun justru menjauhkan mereka dari anak. sehingga anak jarang tersentuh orang tuanya. dan justru di sentuh orang  lain.
sentuhan orang tua sangat besar artinya bagi anak-anak. seperti yang kita ketahui, bahasa tubuh lebih bermakna daripada bahasa verbal. dan anak-anak lebih peka terhadap bahas tubuh daripada bahasa verbal. sentuhan yang baik akan memberi arti lebih daripada sekedar perintah lewat mulut. lalu sentuhan macam apa yang di butuhkan anak? berikut beberapa sentuhan yang dibutuhkan anak-anak dari orang tuanya :
  • bergandengan tangan. Menggandeng tangan anak saat berjalan bersamanya akan memberikan rasa aman, terutama ketika Anda dan ia sedang mengunjungi suatu tempat yang asing atau bepergian jauh dari rumah. kesan bahwa anda akan selalu berada disampingnya dan menjaganya akan dirasa anak. sehingga anak merasa aman dan nyaman bersama anda. Bayi juga bisa berjalan lebih cepat jika Anda menuntunnya saat belajar berjalan.
  • tos!. Kita mempertemukan telapak tangan kita dengan teman (tos) untuk menyatakan kesepakatan atau kegembiraan. Mengapa tidak melakukannya bersama anak?. anak juga adalah teman kita. maka sudah selayaknya juga kita memperlakukan mereka sebagai teman.
    Lakukan tos dengan anak saat ia berhasil melakukan sesuatu yang menurutnya sulit, seperti berhasil naik sepeda roda dua, mengucapkan sebuah kata, atau saat ia bisa mengenali huruf-huruf. Anda juga bisa melakukannya ketika anak mau merapikan mainannya atau membuang sampah pada tempatnya. rayakan keerhasilan-keberhasilan kecil bersamanya. suatu saat akan ada keberhasilan besar yang akan dirayakan. tos juga membuat kita dekat dengan mereka. hal ini berguna agar mereka lebih terbuka kepada kita.
  • ciuman. Dengan apalagi manusia bisa mengungkapkan perasaan cintanya kalau bukan dengan mencium? Mencium adalah salah satu jenis sentuhan orangtua pada anak yang paling nyata untuk menyatakan kasih sayang. Mencium anak juga akan membuat ia merasa berharga dan diperhatikan.
    Jika anak merasa dirinya berharga, tingkah lakunya akan terarah dan memiliki kesadaran untuk tidak melakukan hal-hal buruk yang akan membuat dirinya tidak berharga lagi. ia akan menjaga agar tetap berharga bagi anda. dengan cara melakukan hal-hal baik. dan menghindari hal buruk yang mengecewakan anda. selain itu ia juga akan lebih percaya diri karena merasa berharga.
  • pelukan. Menurut somdet.go.th, manusia membutuhkan empat pelukan sehari untuk bertahan hidup. Manusia juga perlu delapan pelukan sehari agar dapat mengisi hidupnya dengan hal-hal baik. Sedangkan 12 pelukan per hari diperlukan manusia untuk mencapai impiannya.
    2-3 tahun pertama adalah masa ketika anak sangat membutuhkan sentuhan orangtuanya. Peluklah bayi Anda sesudah memandikan, mengganti popok atau menyusuinya. Pelukan orangtua sebelum anak berangkat sekolah akan membuatnya merasa tenang, meski ia mengalami hari yang buruk di sekolah atau di-bully teman-temannya. pelukan menyiratkan rasa diterima dan mendamaikan. sehingga pelukan akan membuat anak merasa hari-harinya lebih baik. meskipun banyak hal buruk yang mereka alami.

            baca juga


    itulah beberapa sentuhan yang sering dilupakan orang tua. padahal sentuhan-sentuhan itu banyak artinya bagi anak.

    source: theasianparent

No comments:

Post a Comment