Tuesday 24 November 2015

Menjaga Kesehatan Anak saat Musim Pancaroba


sebentar lagi musim pancaroba datang.bahkan di beberapa daerah di indonesia sudah berlangsung musim yang identik dengan gampang sakit ini. Bagi setiap orang tua, musim pancaroba adalah salah satu hal yang mengancam kesehatan anak mereka. Saat pergantian musim terjadi, maka tubuh pun beradaptasi. Pada musim pancaroba terdapat tiga kategori yang rentan terserang penyakit, yaitu lansia di atas 70 tahun, anak-anak, dan pasien penyakit kronis. Penyakit yang sering terjadi pun seperti flu, ISPA, penyakit saluran pencernaan, DBD, asma, gangguan kulit dan sakit mata. bagi anda yang mempunyai anak di rumah. simak tips berikut ini untuk menghindari penyakit pada anak selama musim pancarobaberlangsung.


Pertama, pentingnya menjaga asupan gizi pada anak. gizi adalah bahan bakar anak dalam menghadapi serangan penyakit. selain itu gizi juga sangat penting untuk aktifitas keseharian anak.  Makanan yang ibu berikan harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin, dengan komposisi 50-70% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 10-15% protein. Perlu diperhatikan juga, asupan air guna menghindari dehidrasi pada tubuh. bila air dan gizi memamadai, maka anak akan relatif lebih tahan terhadap penyakit.

berikutnya yang perlu di perhatikan ibu dan penting yaitu menjaga kebersihan makanan dan minuman, kebersihan badan, dan lingkungan si kecil. Contohnya, dengan membiasakan si kecil mencuci tangan menggunakan sabun. Kebiasaan baik ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit pada anak-anak secara signifikan. penyakit banayk terbawa melalui kotoran. apalagi dimusim pancaroba banyak sumber penyakit yang terdapat di sekitar kita.
.
Tak kalah pentingnya, istirahat atau tidur yang cukup dan teratur pada anak-anak. Dengan pola tidur yang tepat dan teratur, dapat membangun sistem imun yang kuat dan mampu menangkal penyakit. Tentunya, Anda juga perlu terus memberikan susu dan multivitamin kepada anak. Khasiat susu terbukti membantu menjaga kesehatan anak, namun pemberian multivitamin juga dapat membantu, meskipun tentu saja harus disesuaikan dengan saran dokter. Pada prinsipnya, jika asupan gizi anak cukup, maka pemberian multivitamin tidak perlu, karena hal ini dapat menambah beban kerja pada ginjal. Terakhir, ajak anak Anda berolahraga, karena olahraga dapat memperlancar peredaran darah, dan memperkuat sistem imun pada anak.

selain itu orang tua harus Cepat bertindak saat terjadi apa-apa pada anak. Apa sih yang dimaksud cepat bertindak disini? maksudnya adalah agar Bunda harus cepat bertindak saat terjadi apa-apa dengan anak Bunda, entah itu masalah di sekolah, dirumah, atau dengan teman-temannya, karena jika Bunda selalu tanggap dengan keluhannya maka perasaan beban anak akan berkurang, sehingga mengurangi anak untuk berpikir keras yang akan membuatnya gampang sakit. tanyakan apa masalahnya dan berikan solusi serta berikan dorongan dan pujian pada anak, agar beban pikiran anak bisa berkurang.

Demikian tips yang bisa Ayah dan Ibu terapkan untuk menjaga kesehatan anak selama musim pancaroba berlangsung. Jangan sampai musim pancaroba menurunkan semangat dan keceriaan anak selama bermain ya. Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga.

2 comments: