Sunday 6 December 2015

mengatasi demam pada anak secara alami


mengatasi demam pada anak menjadi pertanyaan banyak orang tua belakangan ini. indonesia sedang memasuki musim pancaroba. konon pada musim ini anak banyak terserang penyakit. salah satunya demam. apakah sebenarnya demam intu? apa sebabnya? dan yang penting bagaimana mengatasinya?. lalu adakah cara mengatasi demam secara alami?.

mari kita bahas hal-hal diatas agar semakin mengerti. demam sejatinya dalah sebuah gejala. gejala dari sebuah penyakit. jadi demam sendiri bukanlah penyakitnya. Demam terjadi ketika sistem kekebalan tubuh sedang berperang melawan infeksi. Dalam istilah medis, seseorang disebut menderita demam jika suhu tubuhnya mencapai 37,5° celcius atau lebih.
agar dapat memastikan dengan tepat, gunakanlah termometer untuk mengukur suhu tubuh anak. rabaan tangan kurang akurat dalam memprediksi demam anak. pada kebanyakan kasus demam pada anak bukanlah hal yang serius. bahkan banyak kasus demam hilang dengan sendirinya.
Kondisi demam itu sendiri sebenarnya memiliki fungsi dan manfaat pada tubuh. Dengan meningkatnya suhu tubuh, sistem kekebalan tubuh akan lebih cepat dalam memproduksi antibodi dan menggandakan sel darah putih yang diperlukan untuk melawan mikroorganisme penyebab infeksi. Selain itu, suhu tubuh yang lebih tinggi juga dapat menghambat perkembangan bakteri atau virus dalam tubuh.
Demam akan lebih sering terjadi pada bayi di bawah lima tahun dibandingkan pada anak yang lebih tua. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan pada bayi belum terbentuk dengan baik. Demam yang tinggi atau berkelanjutan pada bayi perlu diwaspadai karena sistem pengaturan suhu tubuh mereka belum berkembang dengan sempurna.
lalu bagaimana mengatasi demam dengan alami?. berikut sedikit tips yang perlu anda ketahui :
  • Mandikan dengan air hangat
Memandikan anak dengan air hangat, akan membantu meredakan demam pada anak. Jangan memandikannya dengan air dingin karena ia akan menggigil kedinginan. Tambahkan garam mandi atau essential oil misalnya Lavender oil untuk menenangkan tubuh. Bila tidak mungkin memandikannya, lap tubuh dengan handuk atau washlap basah yang hangat.
  • Pijat dengan ramuan herbal
Campurkan minyak kayu putih dengan 2-3 parutan bawang merah, ditambah seiris jeruk nipis. Bila minyak kayu putih terlalu keras, bisa diganti dengan minyak kelapa. Jeruk nipis dapat digantikan dengan asam Jawa. Pijatlah tubuh si kecil dengan ramuan ini, terutama punggung, dada, dan perut
  • Terapi kaus kaki
Masukkan kaki Anda di air panas. Kemudian masukkan sepasang kaus kaki katun ke air dingin, peras dan kenakan sebelum pergi tidur. Kenakan sepasang kaus kaki kering yang terbuat dari wol di atas kaus kaki yang basah. Terapi ini akan membantu meringankan demam dengan mengumpulkan darah di kaki, sehingga melancarkan peredaran darah.
  • Kipas angin
kipas angin yang tidak diarahkan secara langsung kepada anak dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Anak sebaiknya jangan mengenakan pakaian yang terlalu tebal.
  • Kompres di dahi
Inilah cara paling umum yang sering dilakukan sejak dulu, karena paling mudah dilakukan dan efektif. Kompreslah dahi dengan handuk basah yang dingin, atau sekarang sudah banyak tersedia alat kompres yang dapat dibeli di apotik terdekat. Kompresan air dingin akan menurunkan suhu di kepala, sehingga anak menjadi lebih tenang.
 
demikianlah beberapa tips mengatasi demam pada anak dengan cara alami. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment